Apa itu ” Phubbing ” dan Bagaimana Akibatnya dalam Kehidupan Sehari-hari ?

Phubbing adalah istilah sibuk memainkan Gadgets (Gawai) dan mengabaikan orang di hadapan kita, itulah yang terjadi, pola anti sosial. Hentikan Phubbing kalau kita sedang berhadapan atau sedang dalam pertemuan. Ini kata baru dan sedang diadakan Campaign Anti Phubbing (Kampanye Anti Phubbbing).

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya di bulan Mei 2012 Para Ahli Bahasa, Sosiolog dan Budayawan berkumpul di Sidney University. Hasil pertemuan tersebut melahirkan 1 (satu) kata baru dalam Tata Bahasa Inggris.

Kata tersebut adalah ” Phubbing ”. Yaitu sebuah tindakan seseorang yang sibuk sendiri dengan Gawai di tangannya, sehingga ia tidak memperhatikan lagi kepada orang yang berada di dekatnya.

Karena sudah menjadi Fenomena yang sangat Umum, Dunia sampai memerlukan sebuah Kata Khusus untuk mendefinisikannya. Kini kata Phubbing secara Resmi sudah termasuk dalam Kamus Bahasa Inggris di Berbagai Negara.

Sampai saat ini untuk Bahasa Indonesia belum memiliki Kata Serapan dari Phubbing ini. Padahal baik Disadari maupun Tidak, kita sendiri sering berbuat Phubbing. Contoh sederhana, saat berbicara dengan Petugas Teller di Bank, tangan kita sambil memainkan Gawai.

Ketika menemani Anak-anak mengerjakan Tugas Sekolah, tiap beberapa menit sekali kita melirik Layar Gawai kalau-kalau ada Notifikasi yang masuk.

Kemudian saat makan di restoran dengan Keluarga, Kerabat atau Relasi; Gawai diletakkan sedekat mungkin di sisi kita dan mampu menyela Obrolan apa pun ketika ada Suara Pesan atau Notifikasi dari Sosial Media.

Ya, kini sebagian dari kita sudah menjadi ” Phubber Sejati ”.

People vector created by pch.vector - www.freepik.com
Ilustrasi Phubbing (Phone Snubbing)

People vector created by pch.vector – www.freepik.com

PHUBBING adalah singkatan dari kata : ” PHONE & SNUBBING ”. Kata ini Pertama kali diciptakan oleh Alex Haigh seorang Australia. Dalam Penelitiannya, Alex menemukan Fakta bahwa kegiatan Phubbing terjadi ketika kita mengabaikan sesama dalam Masyarakat dan Keluarga saat bertemu dengan lebih memfokuskan diri pada Gawai.

Mari benahi diri kita sendiri. Tidak berarti kita berhenti gunakan Gawai, tapi setidaknya kurangi Phubbing sebisa mungkin. Hargai orang-orang yang sudah hadir di sekitar kita.

Jangan sampai Gawai yang kita beli dengan hasil usaha sendiri ini, justru memisahkan kita dengan Teman, Sahabat, bahkan memisahkan kita dari Saudara-saudari, Orang Tua, Anak, Suami dan/atau Isteri.


Materi Tulisan ini diambil dari Berbagai Sumber dengan Perubahan seperlunya.

June 6, 2018


Sedikit Catatan dari Admin ” 2 e L ”

Phubbing adalah istilah sibuk main Gawai dan mengabaikan orang di hadapan kita. Itulah yang terjadi, pola Anti-Social. Mari Hentikan Phubbing kalau kita sedang berhadapan dengan Orang Lain atau sedang dalam Pertemuan. Ini kata baru dan sedang diadakan Kampanye Anti Phubbing.

Di bulan Mei 2012 para Ahli Bahasa, Sosiolog dan Budayawan berkumpul di Sidney University. Hasil Pertemuan tersebut Menghasilkan 1 (satu) Kata Baru dalam Tata Bahasa Inggris.

Kata tersebut adalah ” Phubbing ”, yaitu sebuah tindakan Seseorang yang sibuk sendiri dengan Gawai di tangannya, sehingga ia Tidak Lagi Perhatian kepada Orang yang berada di sekitarnya.

https://www.pngdownload.id/png-yc8xjv/

JAUHI PHUBBING SEBELUM TERLAMBAT !!!

Admin ” 2 e L ”

May 31, 2018


IMMANUEL A. WIDJAJA, S.H., M.H.

Hak Cipta Dilindungi Undang-undang

274 thoughts on “Apa itu ” Phubbing ” dan Bagaimana Akibatnya dalam Kehidupan Sehari-hari ?

Add yours

  1. PAKET DATA 250GB GRATIS BISA UTK KAMU YG MENERIMA PESAN INI! Install roli & dptkan PAKET DATA GRATIS SETIAP BULAN! S&K Klik bit.ly/telkomsel-roli

    Like

      1. Dapatkan diskon 15% All Treatment di Martha Tilaar Salon Day Spa & Martha Tilaar Spa Express dgn tukar 5 Tsel Poin. Klik tsel.id/mttsel15 SKB.

        Like

  2. Siapa sangka kamu bisa dpt kuota cuma² kalau IsiPulsa min.10rb dpt
    3GB3hari, ditambah lg
    IsiPulsa di MyIM3 ada
    cashback gopay
    bit.ly/m3reload3 11/04/24

    Like

    1. Online seru kalau
      kuotamu gak putus. ayo isi pulsa min. 10rb aja udh bisa dpt 3GB3hari
      isi pulsa di MyIM3 ada
      cashback gopay:
      bit.ly/m3reload1 14/04/24

      Like

      1. Kapan lagi. IsiPulsa 5rb dpt lg pulsa 5rb, isi 10rb dpt lg pulsa 10rb. no tipu tipu, buktiin sendiri yaaa. Promo ini khusus untuk nomor
        IM3 km aja 14/04/24

        Like

  3. EXTRA KUOTA, EXTRA HAPPY-NYA. Yuk buruan di pakai kuota extra 500MB kamu untuk internetan sepuasnya! Cek info dan kejutan lainnya di *808#. Info 132

    Like

    1. BONUS kuota kamu udah di pake blm? Yuk pakai skrg sebelum HANGUS. Nikmati kejutan lainnya dari TRI dgn cek di bit.ly/PastiPromo atau 1111#. Info132

      Like

      1. HORE!
        Beli PAKET DATA hr ini dpt Extra kuota Youtube harian:

        1. 5rb, dpt 500MB 1hr
        2. 10rb, 1GB 2hr
        3. 50rb++, 3GB 3hr
          Cuss ke 1111# atau bit.ly/PastiPromo
          Kuota dikirim H+1 dari pkt aktif Info 132 S&K

        Like

  4. Paket Telpon khusus buat kamu, Nelpon SEPUASNYA seharian, mingguan atau bulanan harga mulai dari Rp 850/Hari,Aktifkan di :1.MyTelkomsel2.*888*21#3.OutletSKB

    Like

    1. Pas banget kuota mau abis, ambil kesempatan dapetin extra pulsa saat pembelian Hot Promo, Internet Sakti atau Super Seru di wilayah Banten! 1-29 April 2024 *SKB

      Like

      1. Hai SOBAT TelkomselEKSTRA KUOTA Youtube 1GB/3hr untukmu! Beli paket apapun Min 20rb lewat Aplikasi MyTelkomsel cek tsel.id/mtshop s/d 30/APR. SKB

        Like

Leave a comment

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑

Design a site like this with WordPress.com
Get started