Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga

A. Rasional

Mata Pelajaran Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga berfungsi membekali Peserta Didik mengimplementasikan kesadaran tentang :

  1. Pentingnya proses bisnis;
  2. Peluang dan lingkup kerja;
  3. Perkembangan teknologi;
  4. Aturan-aturan yang berlaku;
  5. Kepedulian lingkungan;
  6. Keselamatan, keamanan dan pelayanan di kapal;
  7. Sijil keadaan darurat; serta
  8. Membentuk sikap peserta didik;
  9. Menghargai kerja individu dan kelompok (gotong royong);
  10. Mandiri;
  11. Jujur dan terbuka;
  12. Ulet;
  13. Kritis dalam aktivitas sehari-hari; dan
  14. Mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Mata Pelajaran Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga merupakan pondasi bagi Peserta Didik dalam memahami Tugas-tugas menjadi Pekerja pada Bidang Nautika Kapal Niaga, setelah belajar pada Program Keahlian Nautika Kapal Niaga. Selain itu, sebagai Landasan Pengetahuan dan Keterampilan dalam mempelajari Pelajaran pada Pembelajaran Fase F.

Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai Pendekatan, Strategi, Metode serta Model yang sesuai dengan Karakteristik Kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan Pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi Peserta Didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, rencana dan perkembangan fisik serta psikologis Peserta Didik.

Image by Freepik

Image by Freepik

Model-model Pembelajaran yang dapat digunakan antara lain :

  1. Project-based Learning;
  2. Discovery-based Learning;
  3. Problem-based Learning;
  4. Atau model lainnya serta metode yang relevan.

Mata Pelajaran Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga berkontribusi dalam memampukan Peserta Didik menjadi Ahli pada Bidang Nautika Kapala Niaga, membekali Peserta Didik dalam bernalar kritis, mandiri dan kreatif serta adaptif, bergotong royong dan berkebhinekaan global.

Peserta Didik yang memahami Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga diharapkan mampu meningkatkan Keimanan dengan mengakui Kebesaran TUHAN YANG MAHA ESA yang menciptakan bumi dan seisinya, makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang bertebaran di laut, sehingga akan menumbuhkan rasa ingin tahu, jujur, bertanggung jawab, kritis dan peduli lingkungan.

B. Tujuan

Mata Pelajaran Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga bertujuan membekali Peserta Didik dengan Pengetahuan dan Keterampilan Dasar yang terkait dengan Operasionalisasi Kapal Niaga, termasuk pengetahuan tentang Bangunan atau Konstruksi Kapal dan Stabilitas Kapal untuk menumbuh-kembangkan minat Peserta Didik terhadap Komptensi Keahliannya dengan Dasar-dasar Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap (Hard Skills dan Soft Skills) meliputi :

  1. Memahami proses Bisnis di dunia kerja bidang Nautika Kapal Niaga;
  2. Memahami perkembangan Tekonologi yang digunakan dan dunia kerja bidang Nautika Kapala Niaga;
  3. Memahami profil entrepreneur, job-profile, dan peluang usaha / bekerja di bidang Nautika Kapal Niaga;
  4. Memahami lingkup kerja pada bidang Nautika Kapal Niaga;
  5. Melakukan Tindakan Penanganan Keadaan Darurat secara Cepat, Tepat dan Terkendali;
  6. Memahami Undang-undang Pelayaran dan Konvensi Internasional (Basic Knowledge of IMO Convention) yang relevan pada keselamatan kehidupan di laut, keamanan dan perlindungan lingkungan laut;
  7. Memahami Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan Polusi (Environment Awareness and Pollution of Prevention) pencemaran lingkungan laut;
  8. Menerapkan Budaya Keselamatan, kemanan dan pelayanan (Safety, Security, and Service Culture) terhadap rekan kerja kru kapal maupun terhadap Penumpang Kapal; dan
  9. Memahami Konstruksi dan Stabilitas (Ship Construction and Stability) dalam dunia pelayaran, agar kapal tidak mengalami kecelakaan baik dari Faktor Internal (kapal sendiri) maupun Faktor Eksternal (cuaca buruk).

C. Karakteristik

Mata Pelajaran Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga berfokus pada Kompetensi bersifat Dasar yang harus dimiliki oleh Calon Pelaut Kapal Niaga. Peserta Didik dikenalkan pada lapangan kerja, jabatan kerja di atas kapal yang dapat dimasuki setelah lulus dan profil entrepreneur pada bidang Kapal Niaga.

Selain itu, Peserta Didik juga diberikan pemahaman tentang proses Bisnis, perkembangan penerapan Teknologi dan isu-isu global, keselamatan dan kesehatan kerja serta Dasar-dasar Kompetensi dalam menghadapi Keadaan Darurat di Kapal Niaga.

Mata Pelajaran Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga terdiri atas beberapa Elemen beserta Deskripsinya seperti berikut :

№.ElemenDeskripsi
1.Proses Bisnis di Dunia Kerja bidang Nautika Kapal NiagaMeliputi pemahaman tentang proses kerja di Kapal Niaga antara lain : Persiapan Pelayaran, Persyaratan Kerja di Kapal, Kontrak Kerja, Buku Pelaut, Pekerjaan selama Pelayaran, serta Pengetahuan tentang Lembaga yang terkait dengan Pelayaran Kapal Niaga.
2.Perkembangan Teknologi dan Isu-isu Global di Dunia bidang Nautika Kapal NiagaMeliputi pemahaman tentang perkembangan teknologi yang digunakan dari yang Konvensional hingga Modern, Perkembangan Pekerjaan dan Isu-isu Global di bidang Nautika Kapal Niaga.
3.Profil Entrepreneur, Job-Profile, Peluang Usaha / Kerja di bidang Nautika Kapal NiagaMeliputi pengenalan tentang profil pelaku Wirausaha (Entrepreneur) yang mampu membaca Peluang Usaha, Job-Profile, berbagai Peluang Usaha / bekerja di bidang Nautika Kapal Niaga.
4.Orientasi Dasar Teknis Nautika Kapal NiagaMeliputi pemahaman melalui kegiatan Praktikal Singkat tentang Penggunaan Peralatan / Teknologi dan Jenis-jenis Pekerjaan di Bidang Nautika Kapal Niaga dalam rangka Proses memahami dan beradaptasi untuk Pembelajaran berikutnya.
5.Prosedur Darurat dan SAR (Emergency Procedure and SAR)Meliputi pemahaman tentang prosedur menghadapi Keadaan Darurat, Tindakan Pencegahan saat Menyandarkan Kapal, Tindakan saat Terdampar / Kandas, Penilaian Awal Kerusakan dan Penanganan Kerusakan, Tindakan setelah Tabrakan, Pencegahan Kerusakan Kapal dari Kebakaran atau Ledakan, Prosedur Meninggalkan Kapal, Penggunaan Perangkat Kemudi Tambahan dan Rigging serta Penggunaan Pengaturan Kemudi Darurat, melakukan SAR untuk menolong Orang dan Kapal lain sesuai SOP.
6.Undang-undang Pelayaran dan Konvensi InternasionalMeliputi pemahaman tentang Hukum Maritim, Konvensi tentang Hukum Laut, Laut Teritorial dan Zona yang Bersebelahan, Selat Internasional, Penjelasan Laut Lepas, Perlindungan dan Pelestarian Lingkungan Laut, Keselamatan, Konvensi Internasional tentang Jalur Muatan 1966 (LL 1966), Penerapan Konvensi Internasional untuk Keselamatan Hidup di Laut 1974 sebagaimana telah Diubah (SOLAS), Penerapan SOLAS, Subdivisi dan Stabilitas, Mesin dan Instalasi Listrik, Penerapan SOLAS, Proteksi Kebakaran, Deteksi Kebakaran, Kepunahan, Penerapan SOLAS, Life Saving, Appliances dan Pengaturan, Penerapan SOLAS, Radio Telegraphy dan Radio Telephony dan Manajemen Keselamatan Internasional.
7.Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan PolusiMeliputi pemahaman tentang Definisi dan Tujuan MARPOL 73 / 78, Penanganan dan Pencegahan Polusi di Laut, Pengendalian Pembuangan Minyak, Buku Catatan Minyak (Bagian I, Operasi Ruang Mesin dan Bagian II, Operasi Kargo / Ballast), Rencana Darurat Pencemaran Minyak Kapal (SOPEP) termasuk Rencana Darurat Pencemaran Laut Kapal (SMPEP) untuk Minyak dan/atau Beracun, Zat Cair dan Rencana Respons Kapal (VRP), Prosedur Pengoperasian Peralatan Anti-Polusi, Instalasi Pembuangan Limbah, Incenerator, Comminutor, Instalasi Pengolahan Air Ballast, Rencana Pengelolaan Senyawa Organik Volatil (VOC), Sistem Pengelolaan Sampah, Anti Sistem-Fouling, Manajemen Air Ballast dan Kriteria Pembuangannya dan Tindakan Proaktif untuk Melindungi Lingkungan Laut.
8.Budaya Keselamatan, Keamanan dan PelayananMeliputi pemahaman tentang Dinas Jaga ” di Era Modern ” (Watch keepers at ” The Cutting Edge ”), Perencanaan dan Pengorganisasian (Planning and Organizing), Mengarahkan dan Mengontrol (Directing and Controlling), Komunikasi dan Kerja Sama Tim, Kuesioner Penilaian Diri (Communications and Teamwork, Self-Assessment Questionnaire) Faktor di Balik Kesalahan Manusia (Factors Behind Human Error).
9.Konstruksi dan Stabilitas (Ship Construction and Stability)Meliputi pemahaman tentang Bagian Kapal Niaga, Dimensi Pokok Bangunan Kapal, Bentuk-bentuk Kapal, Ukuran Pokok, Tonnage, Dasar Berganda, Gading, Kulit Kapal, Geladak, Sekat, Pintu Kedap Air, Kemudi dan bentuk Profil sehingga Peserta Didik akan memperoleh Pengetahuan yang diperlukan untuk Mengelola dan Merawat Kapal dengan Baik serta dapat melakukan Langkah-langkah Cermat dan Akurat dalam Menghitung Stabilitas dan berbagai Perubahannya serta memiliki Kemampuan, Pembiasaan dalam Mengaplikasikan dengan Benar, Baik melalui Pengamatan, Diskusi dan Melatih Diri sehingga dapat melaksanakan Tugas dengan Cermat, Akurat, Efektif dan Efisien sesuai Kompetensi yang Dipersyaratkan.

D. Capaian Pembelajaran

Pada akhir Fase E (Kelas X), Peserta Didik akan mendapatkan Gambaran mengenai Program Keahlian Nautika Kapal Niaga dengan Capaian Pembelajaran sebagai berikut :

№.ElemenDeskripsi
1.Proses Bisnis di Dunia Kerja bidang Nautika Kapal NiagaPada akhir Fase E Peserta Didik dapat Memahami tentang Proses Kerja di Kapal Niaga antara lain : Persiapan Pelayaran, Persyaratan Kerja di Kapal, Kontrak Kerja, Buku Pelaut, Pekerjaan selama Pelayaran, serta Pengetahuan tentang Lembaga yang terkait dengan Pelayaran Kapal Niaga.
2.Perkembangan Teknologi dan Isu-isu Global di Dunia bidang Nautika Kapal NiagaPada akhir Fase E Peserta Didik dapat Menjelaskan tentang perkembangan teknologi yang digunakan dari yang Konvensional hingga Modern, Perkembangan Pekerjaan dan Isu-isu Global di bidang Nautika Kapal Niaga.
3.Profil Entrepreneur, Job-Profile, Peluang Usaha / Kerja di bidang Nautika Kapal NiagaPada akhir Fase E Peserta Didik dapat Memahami tentang profil pelaku Wirausaha (Entrepreneur) yang mampu membaca Peluang Usaha, Job-Profile, berbagai Peluang Usaha / bekerja di bidang Nautika Kapal Niaga.
4.Orientasi Dasar Teknis Nautika Kapal NiagaPada akhir Fase E Peserta Didik dapat Memahami melalui kegiatan Praktikal Singkat tentang Penggunaan Peralatan / Teknologi dan Jenis-jenis Pekerjaan di Bidang Nautika Kapal Niaga dalam rangka Proses memahami dan beradaptasi untuk Pembelajaran berikutnya.
5.Prosedur Darurat dan SAR (Emergency Procedure and SAR)Pada akhir Fase E Peserta Didik dapat Memahami tentang prosedur menghadapi Keadaan Darurat, Tindakan Pencegahan saat Menyandarkan Kapal, Tindakan saat Terdampar / Kandas, Penilaian Awal Kerusakan dan Penanganan Kerusakan, Tindakan setelah Tabrakan, Pencegahan Kerusakan Kapal dari Kebakaran atau Ledakan, Prosedur Meninggalkan Kapal, Penggunaan Perangkat Kemudi Tambahan dan Rigging serta Penggunaan Pengaturan Kemudi Darurat, melakukan SAR untuk menolong Orang dan Kapal lain sesuai SOP.
6.Undang-undang Pelayaran dan Konvensi InternasionalPada akhir Fase E Peserta Didik dapat Memahami tentang Hukum Maritim, Konvensi tentang Hukum Laut, Laut Teritorial dan Zona yang Bersebelahan, Selat Internasional, Penjelasan Laut Lepas, Perlindungan dan Pelestarian Lingkungan Laut, Keselamatan, Konvensi Internasional tentang Jalur Muatan 1966 (LL 1966), Penerapan Konvensi Internasional untuk Keselamatan Hidup di Laut 1974 sebagaimana telah Diubah (SOLAS), Penerapan SOLAS, Subdivisi dan Stabilitas, Mesin dan Instalasi Listrik, Penerapan SOLAS, Proteksi Kebakaran, Deteksi Kebakaran, Kepunahan, Penerapan SOLAS, Life Saving, Appliances dan Pengaturan, Penerapan SOLAS, Radio Telegraphy dan Radio Telephony dan Manajemen Keselamatan Internasional.
7.Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan PolusiPada akhir Fase E Peserta Didik dapat Memahami tentang Definisi dan Tujuan MARPOL 73 / 78, Penanganan dan Pencegahan Polusi di Laut, Pengendalian Pembuangan Minyak, Buku Catatan Minyak (Bagian I, Operasi Ruang Mesin dan Bagian II, Operasi Kargo / Ballast), Rencana Darurat Pencemaran Minyak Kapal (SOPEP) termasuk Rencana Darurat Pencemaran Laut Kapal (SMPEP) untuk Minyak dan/atau Beracun, Zat Cair dan Rencana Respons Kapal (VRP), Prosedur Pengoperasian Peralatan Anti-Polusi, Instalasi Pembuangan Limbah, Incenerator, Comminutor, Instalasi Pengolahan Air Ballast, Rencana Pengelolaan Senyawa Organik Volatil (VOC), Sistem Pengelolaan Sampah, Anti Sistem-Fouling, Manajemen Air Ballast dan Kriteria Pembuangannya dan Tindakan Proaktif untuk Melindungi Lingkungan Laut.
8.Budaya Keselamatan, Keamanan dan PelayananPada akhir Fase E Peserta Didik dapat Memahami tentang Dinas Jaga ” di Era Modern ” (Watch keepers at ” The Cutting Edge ”), Perencanaan dan Pengorganisasian (Planning and Organizing), Mengarahkan dan Mengontrol (Directing and Controlling), Komunikasi dan Kerja Sama Tim, Kuesioner Penilaian Diri (Communications and Teamwork, Self-Assessment Questionnaire) Faktor di Balik Kesalahan Manusia (Factors Behind Human Error).
9.Konstruksi dan Stabilitas (Ship Construction and Stability)Pada akhir Fase E Peserta Didik dapat Menjelaskan tentang Bagian Kapal Niaga, Dimensi Pokok Bangunan Kapal, Bentuk-bentuk Kapal, Ukuran Pokok, Tonnage, Dasar Berganda, Gading, Kulit Kapal, Geladak, Sekat, Pintu Kedap Air, Kemudi dan bentuk Profil sehingga Peserta Didik akan memperoleh Pengetahuan yang diperlukan untuk Mengelola dan Merawat Kapal dengan Baik serta dapat melakukan Langkah-langkah Cermat dan Akurat dalam Menghitung Stabilitas dan berbagai Perubahannya serta memiliki Kemampuan, Pembiasaan dalam Mengaplikasikan dengan Benar, Baik melalui Pengamatan, Diskusi dan Melatih Diri sehingga dapat melaksanakan Tugas dengan Cermat, Akurat, Efektif dan Efisien sesuai Kompetensi yang Dipersyaratkan.

Disusun oleh =

IMMANUEL A. WIDJAJA, S.H., M.H.

Jakarta Timur, 6 Januari 2023

Hak Cipta Dilindungi Undang-undang

21 thoughts on “Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga

Add yours

Leave a comment

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑

Design a site like this with WordPress.com
Get started