Tata Krama & Sopan Santun dalam Pergaulan

https://www.hiclipart.com/free-transparent-background-png-clipart-jrtyu
Honour Thy Father And Thy Mother (Hormatilah ayahmu dan ibumu)
https://www.hiclipart.com/free-transparent-background-png-clipart-jrtyu

DALAM KEADAAN BIASA, saat menghubungi Seseorang, jangan berulang-ulang, berturut-turut atau lebih dari 3 (tiga) kali. Jika Tidak Ada Jawaban atau Tanggapan, bisa saja mereka sedang dalam Hal Penting atau Kegiatan lain yang lebih Mendesak untuk dilakukan daripada sekadar menjawab Panggilan Anda. Akan lebih baik, jika Anda kirimkan dia Pesan dan tanyakan, kapan waktu yang tepat untuk dihubungi kembali.

Masih berhubungan dengan Tata Cara Menghubungi Seseorang. Apabila Anda menerima Pesan dan Anda terlambat untuk Menjawab atau Membalasnya dikarenakan sedang Padatnya Kegiatan yang sedang Anda kerjakan, awali Jawaban Pesan tersebut dengan Permohonan Maaf. Bukan Anda saja yang Sibuk dengan Kegiatan, bisa saja beberapa waktu kemudian Rekan yang Anda Hubungi tersebut. Saat Anda sudah memiliki Waktu untuk menanggapinya, segera Jawab dan jelaskan alasan Anda mengapa terlambat untuk menanggapinya.

HORMATI SESEORANG akan Nilainya, bukan karena Jabatan atau Posisinya. Seorang Juru Parkir sama nilainya dengan Seorang Direktur di sebuah Perusahaan Besar. Mereka sama-sama Manusia yang mempunyai Harga Diri. Apa yang Anda berikan kepada mereka, menunjukkan Kualitas Diri Anda sendiri. Dan juga, Sebaiknya jangan Membuat atau Merencanakan sesuatu, namun yang Direncanakan Tidak Dilibatkan atau Kebetulan Sedang Berhalangan.

USAHAKAN UNTUK SELALU MENGATAKAN HAL YANG POSITIF atau memberikan Pujian kepada Seseorang di depan Khalayak Ramai dan Jangan Pernah menjatuhkan atau mengatakan Hal yang Negatif kepada dan/atau akan seseorang di hadapan Publik. Apabila Anda hendak Menegurnya atau Menasihatinya, akan lebih baik bila secara Pribadi atau saat Sendiri. Biasakan untuk Menambah Kebaikan, bukan Membuka Aib orang tersebut.

DALAM HAL MEMBUKA DAN MENUTUP PINTU, terutama bila ada Orang-orang yang Lebih Tua, Ibu-ibu yang sedang Hamil, Ibu-ibu yang sedang membawa Anak Kecil maupun Anak-anak dan Orang-orang yang mengalami Kekurangan Lainnya akan Lebih Baik bila Anda menahan pintu supaya tidak langsung menutup. Satu sampai dua menit Perbuatan Anda ini tidak akan merugikan Anda dalam hal Berbuat Baik kepada Orang lain.

SAAT JAMUAN MAKAN dan Anda sedang ditraktir, alangkah baiknya jika memesan Menu Makanan yang sesuai dengan Kebutuhan Anda. Menu yang sesuai tidak berarti Harus yang Mahal atau yang Spesial dari Tempat Anda makan bersama tersebut. Akan Lebih Baik lagi jika Anda menyarankan untuk meminta dia yang Mentraktir Anda untuk memilihkan dan merundingkan Pilihan Menu bersama Anda.

BIASAKAN UNTUK SELALU HATI-HATI DALAM BERCANDA. Karena Tanggapan tiap orang bisa saja berbeda-beda. Tidak semua orang bisa menerima Candaan Anda. Bila orang tersebut sudah menunjukan Tidak Suka atau Kurang Nyaman, segera Hentikan Candaan tersebut. Yang terpenting jangan Anda ulangi kembali. Karena yang terjadi bukannya suatu Kelucuan yang Akan terjadi, namun bisa Perselisihan yang terjadi jika diteruskan.

Selain dalam Hal Bercanda, Biasakan untuk Tidak Menanyakan atau Sekadar Mau Tahu (Kepo) akan Hal-hal berikut ini kepada Orang-orang yang Baru Pertama Kali Anda Kenal atau Anda Temui :

  1. Mengapa kamu belum menikah ?
  2. Oh, kamu belum menikah ?
  3. Umur kamu berapa ?
  4. Mengapa sudah Umur segitu kamu juga belum menikah ?
  5. Kamu sudah lama menikah, mengapa sampai sekarang belum juga punya anak ?
  6. Daripada kamu tinggal di indekos atau di kontrakan, lebih baik kamu membeli dan mencicil rumah tersebut !

Dan masih banyak Pertanyaan lainnya yang tidak perlu ditanyakan saat baru pertama kali Bertemu atau Berkenalan dengan Orang Lain. Contoh di atas adalah sebagian kecil dari Pertanyaan-pertanyaan yang bersifat Pribadi. Tidak Perlu Dipertanyakan dan juga bukan Urusan Anda untuk Mengetahui apakah Jawaban maupun Tanggapannya.


Materi Tulisan ini diambil dari Berbagai Sumber dengan Perubahan seperlunya.

January 17, 2021


Adv. IMMANUEL A. WIDJAJA, S.H., M.H.

(Senior Partner of ”2 e L — Advocate, Lawyer, Law Firm, and Education”)

Jakarta, Februari 2021

40 thoughts on “Tata Krama & Sopan Santun dalam Pergaulan

Add yours

    1. Jangan rusak komentar orang dong 😠 .. Dari atas udah bagus² orang diskusi terkait topik bahasan kok kamu malahan ngancurin dengan iklan² sampah kamu !!!!!! 😡 ….

      Liked by 1 person

      1. Baru tau saya kalo ternyata sms² model seperti ini ternyata juga ikut menjangkiti website juga. Saya kira selama ini cuma di HP aja. 🙏

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: